0

Derita Murid Lantai 4

Satu bulan lebih yang lalu, aku beserta seluruh murid di kelasku bertukar kelas, dari kelas di lantai satu persis sebelah kantin, ke kelas paling ujung di lantai empat. Kenapa bisa begini? Karena ada satu murid kelas lain itu yang ditimpa musibah kecelakaan dan nggak memungkinkan untuk naik ke kelasnya.

Karena kelas sembilan sedang musimnya ujian, dan kelas sebelah yang seharusnya lebih dekat dengan pintu masuk sekolah juga nggak bisa karena satu-dua hal. Alhasil, kelas kamilah yang mendapat tiket istimewa itu.

Setelah satu tahun menjalani kelas tujuh di lantai empat, kini kembali mendapatkan kesempatan istimewa itu di kelas delapan. Sebagai murid yang telah mencicipi pahit-manisnya lokasi kelas yang nggak strategis, kali ini aku akan memberi tahu kalian positif dan negatifnya lokasi kelas di lantai empat menurut pandanganku. Let’s go!

Kita mulai dari kontra atau negatifnya dulu:

Pertama, jauh dari tempat penting sekolah. Ini adalah hal yang paling mengesalkan dari kelas yang berada di lantai empat, apalagi yang paling ujung. Yaitu jauh dari yang namanya lobby, lapangan, koperasi, perpustakaan, lab, dan lain-lain. Jika sewaktu-waktu butuh untuk membeli barang di koperasi, kan harus turun dulu, akhirnya malah makan cukup banyak waktu.

Tapi dari semua ini, yang paling mengesalkan pastinya adalah lokasi KANTIN yang jauh.

Kedua, kelas di lantai empat kunci pintunya selalu paling terakhir dibuka. Kasus ini nggak sering terjadi, tapi ini termasuk yang paling mengesalkan juga. Karena setiap pagi kelas masih dikunci, maka kita harus menunggu waktu yang tidak menentu supaya kelas dibuka oleh petugas sekolah. Nah, karena ada di lantai empat, maka kami harus bersabar karena selalu mendapat urutan terakhir. Bahkan pernah kejadian kelas yang baru dibuka beberapa menit setelah bel masuk sekolah dibunyikan.

Ketiga, suhu AC yang nggak menentu. Entah kenapa, sejak kelas tujuh dulu, AC kelas di lantai empat itu selalu labil. Kadang dingin banget, kadang malah super-duper panas. Anehnya lagi, AC-nya seolah nggak tahu waktu, kalau kondisi kurang fit pasti dingin, tapi kalau habis olahraga atau habis melakukan sesuatu yang membutuhkan tenaga banyak pasti panas. Dan ini jelas mengganggu kondisi belajar mengajar. Huft!

Dari sekian hal negatif itu, pasti juga ada pro atau positifnya:

Pertama, mendapat view paling mantap. Dari lantai empat, kita bisa mendapat pemandangan indah dan melihat secara langsung apartemen yang hanya dibatasi sebuah jalan berlebar lima meter. Bangunan itu langsung kelihatan dari jendela tanpa terhalang apapun. Waktu masuk kelas tujuh dulu, apartemennya masih dalam progress setengah jadi. Sehingga selama kelas tujuh, aku bisa melihat secara eksklusif proses pembangunan mulai dari penambahan lantai, pemasangan kaca, pembangunan ruko, tempat parkir, dan sebagainya.

Istimewanya lagi, view ini hanya dapat dilihat dari tiga kelas yang ada di lantai empat, karena hanya di lantai ini saja bangunan-bangunan tersebut jelas terlihat. Ini jelas berbeda dengan kelas sebelumnya, yang pemandangannya tertutup oleh pagar tinggi.

Kedua, “memaksa” kita untuk berolahraga. Kenapa kata memaksa aku beri tanpa petik dua? Karena memaksa yang aku maksudkan disini bukan memaksa yang negatif, tetapi cenderung memaksa yang positif. Kalau kelasnya di lantai empat, maka mau nggak mau harus naik tangga ke lantai empat, yang membutuhkan tidak sedikit tenaga. Secara nggak langsung berolahraga. Nah, ini bisa jadi lifehack nih buat yang malas berolahraga, yaitu mintalah kelas di lantai atas.

Memang masih banyak sisi positif dan negatif yang nggak bisa aku sampaikan disini dan saat ini. Memang postingan ini lebih banyak bercerita sisi negatifnya, tapi secara keseluruhan sih: it’s not that bad. Sisi-sisi positifnya menunjang pembelajaran juga, dan sisi negatifnya mengajar kita untuk tidak malas.

Mungkin kalian yang juga pernah merasakan kesempatan ini punya pendapat lain, boleh ceritakan pendapatmu di kolom komentar di bawah! Pasti akan aku baca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *